Tuesday, June 9, 2015

Jamu

Hari ini,untuk kelas budaya, saya belajar bagaimana cara membuat Jamu. Jamu adalah sejenis obat tradisional dari Indonesia. Rupanya jamu hanya bisa ditemukan di Jawa, tidak di wilayah lain. 

Sebelum menghadiri kelas Jamu, saya diberikan crash course terhadap Jamu oleh Tiara, guru saya di LB (Lembaga Bahasa Indonesia). Sebagai obat tradisional, tentunya ada cara pembuatan Jamu yang tradisional dan khusus, tapi sekarang Jamu juga disediakan dalam bentuk bubuk. Kemasan bermacam-macam: 


Pada kelas kebudayan, saya belajar cara pembuatan beras kencur (bungkus berwarna hijau) dan kunyit asam (bungkus berwarna jeruk maaf ya bungkusnya ditutupi kertas). Seperti yang bisa dilihat dari kemasan-kemasan Jamu di atas, ada banyk manfaat kesehatan kalau minum Jamu. Contohnya, beras kencur bisa meredekan nyeri otot dan mengobati masuk angin. Kunyit asam bisa menyebabkan warna kulit menjadi lebih cerah dan bersih. 

Saya diantar 2 guru dari LB (Vena dan Frisca) ke rumah Ibu yang mengajar proses membuat Jamu.(Saya tidak tahu bagaimana mengeja mengeja dengan tepat nama Ibu itu jadi saya akan menybut dia "Ibu"). Bahan-bahan untuk membuat Jamu: untuk beras kencur, bahannya adalah.... beras dan kencur. Dan sebuah jeruk nipis. 

Langkah-langkah untuk membuat beras kencur: (kalau kunyit asam hampir sama) 

1. Menumbuk beras dan kencur di dalam lumpang. 




2. Menghaluskan campuran sampai rata. Waktu selesai, kelihatan seperti ini:



3. Menambah jeruk nipis dan air yang sudah tercampur gula (minuman yang berwarna coklat di foto sebebelumnya).

4. Menyaring!





5. Menikmati :) 




Biasanya rasa Jamu pahit tapi karena sudah tercampur gula, rasanya manis dan enak banget! (Lebih baik kalau Jamu berpasangan dengan makanan kecil seperti bakpia. Untunglah, di sebelah rumah Ibu ada toko yang membuat bakpia. 


Masih hangat lho

(Peringatan: waktu menyaring, harus memakai tangan, jadi tangan yang dipakai akan berwarna kuning. Tangan kanan saya sampai sekarang masih kuning! Menurut Ibunya, mungkin perlu 2-3 hari sebelum warna kucing akan hilang) 

Kelas Jamu ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Semoga murid-murid yang ikut BIIP di masa depan akan pilih kegiatan itu juga! 


1 comment:

  1. hebat! :) kalau ada kesempatan masa depan saya juga mau coba!! :)

    ReplyDelete