Thursday, June 11, 2015

Membatik



Tatangan yang saya berikan saya sendiri adalah membuat karya yang bercorak "mega mendung". Saya mencari suatu contoh corak itu dari Internet: 



Pertama-tama, saya harus menggambar motif di atas kain mori dengan pensil. Di sebelah kanan foto di bawah, alat-alat dan bahan untuk membantik bisa dilihat, yaitu canting dan malam yang harus dipanaskan.  


Motif yang sudah saya gambar lalu ditutupkan dengan malam, dengan menggunakan canting. Canting itu mirip pipa yang kecil, kan?

Kain batik dimasukkan di baskom yang sudah berisi pewarna kain. 


Sesudah kain batik dijemur, saya harus melapisi kain lagi dengan malam, karena saya mau mendapat gradien warna melalui tiga warna biru. Jadi, waktu yang diperlukan untuk membuat satu karya batik tergantung berapa warna yang diinginkan menggunakan.   




Dimasukkan dan dijemur lagi: 


Pria yang di sebelah kiri Mas Hari, guru Batik, dan di sebelah kanan, Ratri, guru dari Lembaga Bahasa. Sambil menunggu kain dikering, kami nongkrong dan makan siang :P


Akhirnya, karya batik diselesaikan: 

No comments:

Post a Comment